Hari Kopi Sedunia, APU Sejahterakan Petani Kopi

Hari ini (01 Oktober 2015) tak hanya bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, tetapi juga diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia. Biasanya setiap negara punya tanggal tersendiri untuk memperingati hari kopi namun International Coffee Organization sepakat untuk menjadikan tanggal 01 Oktober 2015 sebagai hari kopi internasional pertama di Milan.

Hari Kopi Sedunia juga digunakan untuk mengampanyekan fair trade kopi dan peningkatan kesejahteraan para petani kopi. Al Azhar Peduli Ummat melalui program Indonesia Gemilang sudah melakukan pembinaan kepada petani kopi demi meningkatkan kesejahteraan mereka salah satunya di Desa Pelakat, Muara Enim, Sumsel salah satu Desa Gemilang yang warganya mayoritas berprofesi sebagai petani kopi.

Kopi - pohon Rumah Kopi Kopi Semende 2 Kopi - gerai 2

Pendampingan dimulai dari pembuatan Rumah Kopi. Di tempat ini kopi hasil panen para petani dikumpulkan, kemudian dikemas dengan cantik menjadi Kopi Semende cap Bukit Asam dan Gres! Coffee. Demi peningkatan kesejahteraan petani kopi, APU juga membuka akses pasar. Bersama APU, Kopi Semende dan Gres! Coffee ini selalu disertakan dalam setiap even akbar dan pameran dan selalu menuai banyak pujian karena kekuatan rasa dan aroma yang khas.

Kopi - gerai
Booth Kopi Semende yang selalu ramai pengunjung

 

Para pengunjung yang mendatangi Stand dan Booth Coffee APU beraneka ragam. Mulai dari turis mancanegara hingga pejabat. Bpk Alex Noerdin Gubernur Sumatera Selatan juga sempat mencicipi kenikmatan Kopi Semende dalam peringatan hari jadi Sumatera Selatan yang ke 68 tahun lalu. Selain melalui Stand dan Booth Coffee, APU juga terus berupaya meningkatkan akses pasar para petani kopi dengan membuat Coffee Cafe.

Kopi - petani
Petani Kopi Desa Pelakat

Kini, setelah melalui pendampingan, pengemasan dan membuka akses pasar baru para petani kopi terus meningkat kesejahteraannya. Pendapatan keluarga terus naik karena tidak perlu lagi menjual hasil panen kopi ke tengkulak dengan harga yang relatif murah. Selamat Hari Kopi Sedunia. Semoga para petani kopi nusantara kian sejahtera menuju Indonesia nan Gemilang.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box