Sempat Dituduh Anggota ISIS, Dasamas Ini Sukses Gemilangkan Desa Sikapat

DSC_0364
Ust Syein Dai Sahabat Masyarakat di Desa Sikapat

Isu ISIS dan paham aliran sesat lainnya sempat merebak ke masyarakat kita dan membuat warga semakin was-was jika ada pendatang baru yang datang ke wilayah mereka. Hal ini juga terjadi di Dusun Watujaran, Desa Sikapat, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Sebagai salah satu desa binaan, Al Azhar Peduli Ummat menempatkan seorang Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat) Ust Muhammad Syein di desa ini sebagai juru dakwah dan pendamping desa.

Namun apa yang dialami Ust Syein sungguh diluar dugaannya. Warga setempat menuduh pria berumur 30 tahun ini sebagai sindikat ISIS yang akan menyebarkan paham sesat di desa mereka. Warga pun akhirnya mewaspadai dan memperhatikan setiap gerak gerik yang dianggap mencurigakan. Bahkan akibat banyaknya aduan warga, oleh pengurus NU setempat Ust Syein sempat diinterogasi sampai ke Syuriah NU tingkat kecamatan.

USt Syein
Ust Syein bersama Program Dapur Hidup

Satu tahun menjadi pendamping desa, perubahan terlihat di desa ini. Kegiatan keagamaan dan pengajian rutin diadakan yang sebelumnya desa ini sangat sepi dari kegiatan keislaman. Kegiatan peringatan hari besar islam juga selalu ramai dan diikuti warga dengan antusias. Berkat kegemarannya pada dunia pemberdayaan desa, dia juga berhasil mengajak masyarakat untuk menerapkan program Dapur Hidup di pekarangan mereka. Warga sangat bahagia, karena dengan program ini mereka bisa menurunkan angka belanja rumah tangga, dan dananya bisa dialokasikan untuk tabungan dan pendidikan.

DSC06641
Kedekatan Ust Syein bersama warga Desa Sikapat

Mengingat besarnya minat masyarakat dengan program ini, beberapa waktu ke depan Ust Syein akan menerapkan program tabungan gemah ripah di desa ini. Yaitu menabung dengan menyetorkan sayur mayur ke pengurus. Setoran itu akan dicatat dan Pengurus Tabungan akan menjualnya ke pasar atau tengkulak. Hasil penjualan itu akan menjadi tabungan masyarakat yang dapat diambil sewaktu waktu. Alhamdulillah berkat pendekatan dan kecerdikan Ust Syein dalam mengambil hati masyarakat, warga desa yang dulunya menolak kini dekat seakan anggota keluarga sendiri.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box