Panen Sayur di Desa Gemilang

Desa Gemilang di Desa Tanjung Hanau Kalimantan Tengah sedang memasuki masa panen sayuran. Dapur Hidup yang ada di halaman Saung Ilmu ini memang sudah dihiasi dengan hamparan tanaman sayur. Ustad Aang Ruswanda seorang Dasamas (Dai Sahabat Masyarakat) yang sedang memanen terong (12/01) mengungkapkan hasil panen saat ini sangat memuaskan. “Dalam sekali panen minimal 70kg terong dapat diangkut”, ujar beliau.

Tak hanya di Desa Tanjung Hanau, hal serupa juga terjadi di Desa Terawan Kalimantan Tengah beberapa hari lalu. Sayuran seperti tomat, terong, hingga cabai tersedia melimpah di setiap halaman rumah warga. Ust Abar yang bertugas sebagai Dasamas disana mengaku kini warga desa mulai mandiri dalam memenuhi kebetuhan sayur mayur, dengan adanya program dapur hidup yang memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayuran hortikultura.

Kebutuhan dapur di 35 Desa Gemilang dari 11 provinsi di Indonesia sudah bisa terpenuhi. Disaat warga ingin memasak, semua sudah tersedia di pekarangan rumah, tanpa lagi harus ribet pergi ke pasar, sehingga bisa menghemat anggaran belanja keluarga. Bahkan harga cabe rawit yang sudah lama meroket hingga tembus Rp 100 ribu /kg tidak membuat ibu-ibu Desa Gemilang gerah karena semuanya sudah tersedia di halaman rumah mereka.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box