Ini Penampakan Dapur Hidup Sekaligus Tanaman Hias di Desa Rannaloe

Inilah Dapur Hidup warga Desa Gemilang di Desa Rannaloe, Kec. Bungaya, Kab. Gowa-Sulawesi Selatan. Dapur Hidup kini merata di semua halaman rumah warga di Desa Rannaloe. Selain berfungsi untuk menjaga ketahanan nutrisi, Dapur Hidup di desa ini juga mampu menyadarkan warga untuk menjaga kesehatan lingkungan karena terus memelihara dan merawatnya setiap hari.

DH 1

Selain itu karena warnanya yang unik dan cantik, Dapur Hidup juga bisa menjadi tanaman hias karena ditanam diatas media tanam yang terbuat dari bambu hasil kreasi warga. Kini beraneka tanaman sayur seperti bayam merah, bayam batik dan kangkung berjejer indah di pekarangan. Tak hanya menjaga lingkungan tetap asri, namun juga menyegarkan mata bagi siapa saja yang memandangnya.

Uniknya sebelum adanya program Dapur Hidup, warga Desa Rannaloe tidak mengerti cara menanam kangkung. Mereka beranggapan bahwa kangkung hanya bisa ditanam di kota karena selama ini warga desa harus pergi ke kota dulu jika ingin menikmati kangkung. Alhamdulillah melalui pengarahan dan pendampingan dari Relasimas (Relawan Sahabat Masyarakat) Bpk Ilyas Abdullah dan Khaerudin, kini warga bisa setiap hari menikmati kangkung.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box