Ibu Bupati Gowa Resmikan Posyandu Gemilang

Hari Senin (08/12) kemarin, Ibu Novita Ichsan Yasin Limpo (istri Bupati Gowa)  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa meresmikan Posyandu Gemilang dan Baruga Ilmu (Istilah lokal untuk Saung Ilmu) di Desa Rannaloe, Kec. Bungaya, Kab. Gowa-Sulawesi Selatan.

Dalam acara peresmian sekaligus kunjungannya ke Desa Gemilang-Al Azhar Peduli Ummat ini, beliau menyaksikan langsung keunikan dari Posyandu Gemilang yang memiliki keterkaitan langsung dengan Baruga Ilmu. Jika di posyandu lainnya hanya dimanfaatkan sebulan sekali untuk pemeriksaan  dan penyuluhan kesehatan, di Posyandu Gemilang ini bisa dimanfaatkan setiap hari. Karena selain sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat juga terdapat Baruga Ilmu pusat interaksi, informasi, dan edukasi warga.

Di dalam Baruga Ilmu, terdapat perpustakaan dan komputer. Buku-buku di Baruga Ilmu ini berasal dari sumbangan berbagai lapisan warga sedangkan perangkat komputer beserta jaringan internetnya bantuan dari Al Azhar Peduli. “Setiap hari Baruga Ilmu dan Posyandu Gemilang ini selalu ramai dikunjungi warga, ada yang membaca buku, musyawarah, bahkan semua lapisan usia tidak hanya pelajar”, ujar Ilyas Abdullah saat menjelaskan kepada Ibu Novita Ichsan Yasin Limpo.

Selain itu Ilyas juga memperlihatkan program Dapur Hidup yakni menggerakan masyarakat untuk menurunkan angka belanja setiap keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Program Dapur Hidup ini ternyata juga dapat berfungsi sebagai sarana pemenuhan gizi keluarga sehingga keseimbangan gizi anggota keluarga dapat tercapai yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan keluarga di desa tersebut.

Rombongan dari Pemda Gowa pun juga menyaksikan bagaimana potensi lokal masyarakat Desa Rannaloe berupa Cendol Ganyong dan Gula Aren dapat dikemas rapi sehingga dapat dijual ke luar desa dan akan meningkatkan pendapatan keluarga di desa Rannaloe, sehingga kedepannya kesejahteraan masyarakat meningkat sekaligus memperkenalkan produk asli Desa Rannaloe ke masyarakat luas.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box