Konsep Program

Konsep

Konsep Program Indonesia Gemilang

  • Program Indonesia Gemilang disusun bersama-sama dengan calon masyarakat penerima manfaat, agar dapat memberikan solusi secara komperhensif sehingga manfaat yang dihasilkan dapat berkelanjutan dan terukur dengan pelaksanaan multi years, mengacupada target pencapaian: minimum 2 desa gemilang di setiap kabupaten di Indonesia.
  • Keterlibatan masyarakat dalam menyusun dan melaksanakan program menjadi sangatlah penting dengan dibentuknya Forum Indonesia Gemilang, dalam hal ini berperansebagai pendamping dan fasilitator masyarakat, yang tergabung dalam KelompokSwadaya Masyarakat (KSM) dan gabungan kelompok.
  • Di dalam KSM, secara bersama-sama masyarakat didorong agar dapat menaksir dirinya (self assessment) atas potensi dan masalah yang dihadapi dan menyusun solusi bersama (self solution) yang tertuang dalam sebuah program yang akan dilakukan bersama. Dengan demikian unsur peningkatan pengetahuan dan pendampingan masyarakat menjadi sangatlah penting.

TARGET CAPAIAN

  1. Meningkatkan taraf kesehatan keluarga guna memperpanjang Usia Harapan Hidup (UHH).
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kapasitas masyarakat dengan menambah jumlah masyarakat yang mampu baca tulis latin dan Al-quran, menunjang pendidikan dasarmenengahdan keahlian dalam bidang tertentu.
  3. Meningkatkan daya beli masyarakat dengan cara menambah produktivitas usaha keluarga.
  4. Meningkatkan pengetahuan agama dan mendorong masyarakat dalam hidup sesuai norma agama.
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box