Perkuat Sinergi Entaskan Kemiskinan, LAZ Al Azhar Gelar Mukernas Indonesia Gemilang

LAZ Al Azhar gelar Mukernas Forum Indonesia Gemilang ke-3 di Auditorium Arifin Panigoro, Rabu (9/8/2017). Dalam Mukernas tersebut, Ketua Forum Indonesia Gemilang (IG) Sigit Iko Sugondo mengatakan kemiskinan merupakan persoalan yang belum terselesaikan hingga sekarang.

“Data dari badan pusat statistik menunjukkan angka kemiskinan nasional dan indeks relatif stagnan di angka 0,393 per Marat 2017″, ujarnya di depan ratusan relawan Forum Indonesia Gemilang.

Menjawab tantangan  tersebut, LAZ Al Azhar gelar Musyawarah Kerja Nasional Forum Indonesia yang ke-3. Kali ini mengangkat tema “Menguatkan Sinergi Dalam Pengentasan Kemiskinan Menuju Indonesia Nan Gemilang”.

Oleh karena itu menurut Sigit pengentasan kemiskinan diperlukan. Menurutnya, upaya pengentasan Kemiskinan adalah merupakan sebuah proses yang sangat panjang untuk membantu masyarakat miskin menjadi lebih berdaya.

Dalam hal ini Negara harus bisa mengendalikan angka kemiskinan yang kian hari kian meningkat dengan mengajak peran serta dan kontribusi riil berbagai pihak dalam mengatasi persoalan kemiskinan ini.

Senada dengan Sigit, Ketua Umum Yayasan Pesantren Al Azhar, Muhammad Suhadi mengatakan, kemajuan negeri ini sangat jauh, masyarakat desa masih banyak tertinggal.

”Kita ketahui yang paling menderita dan ketertinggalan mereka yang tidak dapat perhatian dari pemerintah bahkan para elit politikpun sibuk dengan urusan politiknya dan jauh dari sebuah harapan untuk membantu masyarakat desa,” Ujar Suhadi.

Oleh karena itu, melalui peran Indonesia Gemilang diharapkan dapat memberdayakan Desa tertinggal. “Melalui Forum Musyawarah Kerja Nasional ke 3 Forum Indonesia Gemilang iniIah kita berharap akan kembaili saling menguatkan peran dan fungsi sinergis dalam rangka mencapai tujuan bersama,” tutup Suhadi.

Mukernas Forum Indonesia Gemilang turut dihadiri oleh M Anwar Bashori, Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Sesditjen PPMD Kementerian Desa Drs. H. Muklis MSi, Direktur Pemberdayaan Zakat Bpk Tarmizi Tohor. Selain itu, Mukernas ini juga memberikan apresiasi kepada mitra-mitra yang bersinergi dengan LAZ Al Azhar.

Sumber : chanelmuslim.com

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box