Ketua Forum Indonesia Gemilang : Desa Punya Potensi Besar Jika Diberdayakan

Sigit Iko Sugondo Ketua Forum Indonesia Gemilang (IG) menceritakan perjalanan Forum Indonesia Gemilang pada Rapat Kerja Nasional Forum Indonesia Gemilang. Sejak digagas oleh Wapres JK yang saat itu masih menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia, Forum IG kini telah menorehkan segudang prestasi.

Selain itu, sekarang Indonesia gemilang sudah memberdayakan 38 Desa dari 11 Propinsi. Oleh karena itu ia berharap pada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Forum Indonesia Gemilang kedepannya kemampuan petani semakin meningkat di desa-desa.

“Ketersediaan lahan pertanian yang luas dan tidak diiringi kompetensi masyarakat menyebabkan masyarakat desa belum mampu mengelola potensinya. Khususnya potensi sektor pertanian sangat besar namun belum terkelola dengan baik, ungkap Sigit di Mukernas IG ke-3 di Auditorium Arifin, Rabu (9/8/2017).

Menurutnya, dengan potensi desa yang ditingkatkan akan mengubah cara pandang masyarakat di desa untuk bekerja di kota.

“Selama ini kita lihat banyak yang dari desa ingin bekerja di kota. Padahal jika potensi desa dimaksimalkan maka tidak ada lagi keinginan seperti itu. Mereka akan lebih memilih bekerja di desa daripada di kota. Selain, mengurangi pengangguran di desa juga menambah pendapatan desa, tutur pria yang juga menjabat Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar.

Senada dengan Sigit, Ketua Umum Yayasan Pesantren Al Azhar, Muhammad Suhadi mengatakan, kemajuan negeri ini sangat jauh, masyarakat desa masih banyak tertinggal. Oleh karena itu, melalui peran Indonesia Gemilang diharapkan dapat memberdayakan desa tertinggal. Namun, dalam pelaksanaanya, yang tersulit adalah mencari pendamping di desa sangat tidak mudah.

“Di pendidikan formal kalau di buka lowongan langsung berjubel. Kalau mencari pendamping masyarakat sangat sulit. Ada yang daftar kemudian bekerja. Namun, akhirnya mundur teratur,” ungkap Muhammad Suhadi.

Sumber : www.chanelmuslim.com

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box