Rakernas Forum Indonesia Gemilang 2016, Semangat Bangun Indonesia Dari Desa

rakernas-igLAZ Al Azhar menggelar Rapat Kerja Nasional Forum Indonesia Gemilang selama 3 hari pada tanggal 22 – 24 November 2016. Di hari pertama (22/11) acara digelar di Aula TK Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Acara ini diikuti oleh mitra jejaring nasional dari Sahabat Peduli Makassar (SPM), Sahabat Peduli Lombok (SPL), Yayasan Klaten Peduli Umat (YKPU), Dana Kemanusiaan dan Dhuafa (DKD) Magelang, LAZ Mafaza Purwokerto, LAZ Masjid Raya Batam, Serasi Alam Indonesia (Serai) Riau serta perwakilan dari kantor cabang LAZ Al Azhar Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Sumatera Barat.
Forum Indonesia Gemilang adalah sinergi bersama dalam mengentaskan kemiskinan yang sudah membangun kemandirian desa yang saat ini berjumlah 38 Desa Gemilang. Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar Bapak Sigit Iko Sugondo mengawali rakernas dengan menceritakan perjalanan Forum Indonesia Gemilang. Sejak digagas pada bulan Maret 2013 oleh Wapres JK yang saat itu masih menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia, Forum IG kini telah menorehkan segudang prestasi.
“Pada tahun 2015 desa yang dulunya terisolir bernama Desa Pelakat berhasil meraih penghargaan Desa Inovasi Terbaik se-Kab. Muara Enim dan di tahun yang sama meraih award Desa Pro Iklim tingkat nasional. Selain itu, Desa Rannaloe juga berhasil menjadi desa percontohan nutrisi terbaik se-Kab Gowa dan masih banyak lagi prestasi-perstasi dari desa binaan yang tidak bisa saya jelaskan detailnya di sini”, jelas Sigit di hadapan peserta rakernas.
Sementara itu, Ketua Umum YPI Al Azhar Bapak M. Suhadi juga turut hadir. Dalam sambutannya ia mengaku bangga dengan torehan prestasi yang sudah dicapai oleh LAZ Al Azhar bersama Forum IG selama ini.
“Sebagai ujung tombak dari Divisi Dakwah Sosial YPI Al Azhar, prestasi LAZ Al Azhar sangat membanggakan. Dan berdasarkan pengalaman saya, mencari guru jauh lebih mudah daripada mencari para pejuang pengentasan kemiskinan pedesaan seperti di Forum IG”, ujar beliau.
Selain berhasil menggemilangkan 38 desa binaan dari 11 provinsi, dibidang program kerja kemitraan, Forum IG telah mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan memberikan beasiswa bagi siswa dan sekolah dhuafa sebanyak 705 siswa se Indonesia, pemberdayaan ekonomi masyarakat non riba dengan model KSM bagi 1.000 kk di 17 kelompok, penanggulangan korban bencana secara komprehensif, dan pengentasan pengangguran usia produktif melalui Rumah Gemilang Indonesia yang sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.
DR. Juraidi MA Kasubdit Pemberdayaan Lembaga Zakat Kementerian Agama kemudian didaulat menjadi “Bapak Forum Indonesia Gemilang” oleh Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar Bapak Sigit Iko Sugondo. Penunjukan ini dilakukan secara simbolis setelah Bapak Juraidi selesai mengisi materi pertama dalam Rakernas Forum Indonesia Gemilang.
Acara masih berlanjut hingga hari Kamis (24/11) mendatang dengan lokasi pada hari Selasa di Gedung Syahida Inn, UIN Jakarta dan satu hari setelahnya akan bertemu dengan pemateri dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Bandung.
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box