Pertanian Baran Mundu 100% Pupuk Organik

Dusun Baran – Mundu terletak di perbukitan Desa Puloharjo, kec. Eromoko, Wonogiri. Masyarakatnya hampir 100 % bertani dan beternak. Keseharian mereka banyak dihabiskan di ladang dan sawah. Pertanian padi menjadi primadona masyarakat yang dijalankan dengan pola tanam yang biasa. Pupuk pun mengandalkan pupuk kimia sebagaimana lazimnya petani di tempat lain.

Petani Baran Mundu

Karena fokus penghasilan dan aktivitas masyarakat di sawah dan ladang, maka kandang sapi dan kambing yang berada di belakang rumah kurang terurus. Kotoran ternak dibiarkan menumpuk sehingga harusnya terkadang terhirup hingga ke dalam rumah. Belum lagi sisa pakan yang juga menambah rendah kualitas kebersihan lingkungan rumah. Bukan mereka tidak tahu bahwa hal itu manfaat untuk tanaman di sawah dan ladangnya, namun kebanyakan mereka tidak tahu caranya dan belum ada pioneer dalam pengolahan sampah dan kotoran ternak.

Pada Juli 2015, dibentuk Rumah pupuk organik padat yang diberi nama UMBARAN (Usaha masyarakat Mundu Baran) melalui SAUNG ILMU yang diinisiasi Al Azhar peduli ummat (APU) untuk masyarakat yang berada di Baran – Mundu, untuk membangun kampungnya.

Berdiri sejak setahun yang lalu, kini UMBARAN sudah produksi hampir 10 ton pupuk organik, dan semua pupuk telah dimanfaatkan oleh petani setempat, dan masyarakat sekarang sudah tidak khawatir lagi tentang kekurang pupuk kimia yang pernah terjadi tempo dulu, karena ketersediaan pupuk organik sudah memadai. Disamping itu juga masyarakat kini sudah banyak yang beralih ke pupuk organik, karena mereka sudah bisa merasakan manfaat dari memakai pupuk organik.

Alasan penggunaan pupuk organik di petani Baran – Mundu ternyata bermacam macam. Pertama, faktor bahan dasarnya yang melimpah di rumah mereka. Dampak lanjutannya pun dapat membersihkan dan menyehatkan rumah petani. Kedua, biaya pengadaan pupuk organik yang lebih murah hingga 30% per hektar dibanding dengan pupuk kimia. Ketiga, hasil panen padi lebih berisi dan lebih berat bobot padinya, sehingga nilai jualnya lebih baik dari pada padi dari pupuk kimia.

Itulah sebabnya petani Baran – Mundu mulai beralih dari pertanian pupuk kimia ke pupuk organik yang dibuat oleh, dari dan untuk petani dan peternak di Baran – Mundu. Ungkapan pun terucap dari bahasa para petani. Mereka mengatakan, “dengan pupuk organik, biaya hemat untung berlipat…”

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box