Cabe Kelud, Buah Tangan Dari Lereng Kelud

“Pak, bawa Cabe Kelud ke Jakarta sebagai buah tangan dari kelud,“ itulah kata yang disampaikan oleh Pak Suparno sambil tersenyum raut wajah bahagia dan ceria melihat cabenya yang sedang di petik.

Cabe Kelud

Dusun Laharpang Desa Puncu Kabupaten Kediri pada tahun 2014 silam merupakan salah satu desa yang mengalami kerusakan cukup parah akibat bencana letusan gunung Kelud, material bebatuan serta abu vulkanik yang sangat tebal merusak hamparan kebun pertanian milik warganya yang tak pelak ikut menjadi korban. Tanaman sayuran mati dan petani menderita kerugian tidak sedikit karena gagal panen.

Kini Dusun Laharpang berubah menjadi Hamparan Hijau kebun Cabe seluas mata memandang, dulu banjir abu vulkanik kini hamparan cabai di kebun masyarakat sudah bisa dipetik bahkan bisa dijadikan buah tangan dari Kelud. Kelompok Swadaya Masyarakat Lamor Kelud Sejahtera merupakan salah satu kelompok yang tergabung dalam program Sejuta Berdaya program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui akses modal, pengetahuan dan akses jaringan pasar melalui pendampingan bagi ratusan petani cabe dan hortikultur lainnya.

100 KK yang menjadi anggota penerima manfaat KSM Lamor Kelud Sejahtera. Selain akses modal yang diberikan kelompok kepada anggota, peningkatan pendapatan ekonomi keluarga penerima manfaat juga dibekali berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Pertanian dan peteranakan. Salah satunya adalah Pengetahuan untuk mengelola organisasi kelompok ditandai dengan adanya pertemuan rutin tanggal 10 setiap bulannya.

Kini 100 anggota petani kelompok KSM Lamor kelud Sejahtera senyum terang kembali karena hamparan tanaman cabe dikebunnya sekarang sudah bisa dipetik bahkan dijadikan buah tangan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box