Bidan Gemilang, Kartini Pejuang Kesehatan di Desa Pedalaman

Al Azhar Peduli Ummat melalui program Zakat PRIDE (Proverty Reduction with Integrated Development & Empowerment) sebagai program yang terintegrasi dan komprehensif terus berusaha melakukan pelayanan untuk kesehatan bagi masyarakat desa tertinggal binaan.

Bidan Gemilang

Bidan Gemilang, salah satu  aksi dari sektor kesehatan yang merupakan sub program Zakat PRIDE, bertujuan melakukan pendampingan bagi ibu hamil/menyusui dan para ibu rumah tangga dalam bidang kesehatan, pengetahuan dan kepedulian lingkungan, berupaya untuk mencegah angka kematian ibu melahirkan, serta meningkatkan kwalitas ibu dan anak sehat.

Selain itu, melalui bidan gemilang, diharapkan masyarakat terutama para ibu dapat lebih banyak informasi mengenai kehamilan dan persalinan, serta memahaminya dengan benar. Selain itu, ketersediaan fasilitas kesehatan dan infrastruktur yang sangat tidak merata juga menjadi perhatian.  Saat ini, banyak ibu hamil harus menempuh jarak yang jauh hanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas yang fasilitasnya juga belum tentu lengkap.

Kehadiran Al Azhar Peduli Ummat dengan aksi bidan gemilang diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ibu hamil ke Puskesmas. Semakin banyak calon ibu yang memeriksa kehamilan secara rutin dan dini, semakin banyak dari mereka yang dapat melahirkan dengan persiapan matang di Puskesmas atau rumah sakit. Para calon ibu ini secara rutin bisa mengetahui dengan pasti kondisi bayi mereka dalam kandungan, bukan hanya menerka-nerka saja.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box