Desa Gemilang Hingga KSM Binaan APU Panen Serentak

Sejak Senin pekan ini kami di sibukkan dengan kunjungan, telepon dari berbagai pihak tentang program-program yang di miliki oleh Al Azhar Peduli Ummat. Alhamdulillah banyak yang mengapresiasi apa yang telah dan sedang kami lakukan dari mahasiswa S1 -S3 baik dalam maupun luar negeri, pemerintah dari tingkat RT hingga DPD yang mengesahkan UU.

Panen raya dari desa-desa gemilang, KSM – KSM yang tersebar di Sumatera hingga Nusa Tenggara kini sedang menikmati hasilnya. Bahkan di sejumlah Desa Gemilang, tanaman holtikultur seperti cabe, tomat, terong, pare, dll yang ditanam di halaman pekarangan rumah sangat melimpah hasilnya. Sehingga buah holtikultur ini menjadi komoditi tabungan masyarakat dalam bentuk sayuran dan hasil bumi lainnya seperti kepala, pisang, dll. Bentuk simpanan masyarakat yang dinamai dengan Tabungan Gemah Ripah ini dikelola oleh kelompok di Saung Ilmu.

Desa Pelakat, Sumatera Selatan sedang panen kopi, daun bawang dan padi. KSM Insan Usaha, Purwakarta, KSM Pelita Jampang Gemilang, Bogor, Desa Lapansa, Kalimantan Tengah, Desa Laharpang, Jawa Timur, Desa Rannaloe, Makassar , Desa Sokong, NTB, Desa memanen jagung, tomat, terong, cabai dan pare. Saung Ilmu Griya Iqra, Jemawan, Klaten panen cempe (anak kambing). KSM Jaya Amanah, Bandung panen ikan mas.

Bayangkan berapa jumlah penurunan angka belanja keluarga? Ini tentu sangat menggembirakan dan berdampak langsung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Peran pendamping masyarakat sangatlah penting, ada DASAMAS (Dai Sahabat Masyarakat) juga Relasimas (Relawan Sahabat Masyarakat) yang dengan telaten mendampingi masyarakat hingga berbuah manis. Bisa jadi di awal kehadirannya tidak di terima dengan baik namun kini mereka bak raja yang kehadirannya selalu di nanti.

Dari mulai bibit hingga pupuk Al Azhar Peduli Ummat berikan kepada masyarakat. Untuk pupuk organik, kami sudah memiliki rumah rabuk yang pengolahannya dilakukan secara swadaya dan mandiri oleh masyarakat dengan memaksimalkan kotoran hewan (kohe) ternak dan limbah pertanian. Tak hanya itu, melalui Saung Ilmu segala permasalahan tentang pertanian dapat di selesaikan dengan baik dan ketika panen masyarakatlah yang menikmati hasilnya. Jika masyarakat desa sejahtera maka tak sulit rasanya mewujudkan Indonesia yang gemilang.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box