Silatnas APU Perkuat Sinergi Membangun Indonesia Dari Desa

Selasa (10/03/2015) bertempat di Tune Hotel Solo, Jawa Tengah diadakan Silaturahim Nasional Al Azhar Peduli Ummat bersama cabang, mitra dan jejaring APU yang telah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Tampak hadir Direktur Eksekutif Al Azhar Peduli Ummat Pusat Harry Rachmad didampingi para manajemen. Hadir pula pimpinan lembaga dan yayasan diantaranya Klaten Peduli, Sahabat Peduli Lombok, Sahabat Peduli Makasar, Masjid Raya Batam, Dompet Kemanusian Dhuafa Magelang, Lazis Mafaza Purwokerto, APU Jawa Tengah dan APU Jawa Timur serta mitra kerja lainnya yang turut menghadiri silatnas tersebut.

H. Amli Wazir Saidi Ketua Yayasan YPI Al Azhar berkesempatan hadir dan membuka acara silatnas. Amli mengatakan dalam sambutannya bahwa Al Azhar adalah milik umat, siapapun berhak berpartisipasi didalamnya selama sejalan dengan visi dan misi YPI Al Azhar. “YPI Al Azhar berkeinginan mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia dengan memberdayakan masyarakat yang berada dibawah, oleh karena itu digagaslah pendirian Al Azhar Peduli Ummat sebagai bagian dari masyarakat untuk merealisasikan sebuah visi misi pemberdayaan umat” terang Amli. Sebagai lembaga yang dipercaya masyarakat untuk mengelola dana publik, APU terus berinovasi mencari formula terbaik untuk dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan melalui program-program pemberdayaan di seluruh wilayah kerja APU. Harry menegaskan bahwa “Apa yang kita kerjakan harus real, bermanfaat, komprehensif, terukur dan mampu mengedukasi masyarakat bukan sekedar program habis sehari”.

Tak ketinggalan dalam Silatnas ini dihadiri pula oleh Ismi Kushartanto sebagai Direktur Eksekutif Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah. Kehadiran beliau bukan yang pertama kali dalam acara APU, setelah sebelumnya berkesempatan hadir di silaturahim bersama Universitas Airlangga, Surabaya pekan lalu. Dukungan PKES ini diberikan kepada APU untuk bersama-sama ‘Membangun Indonesia Dari Desa’ melalui program Indonesia Gemilang. Solo menjadi salah satu lokasi yang sangat concern digarap APU membangun potensi-potensi lokal dengan melibatkan masyarakat dan mengedukasi masyarakat desa menjadi lebih produktif. “Harus ada gerakan bersama-sama bagaimana ekonomi syariah bisa diterima masyarakat”, terang Ismi dalam sambutannya. PKES mendorong seluruh rekan-rekan keuangan syariah untuk terlibat dalam program sejuta berdaya dimana APU terpilih menjadi mitra kerja pendampingan program tersebut dan saat ini sudah ada beberapa bank syariah dan asuransi telah terlibat.

Dalam silatnas kali ini Al Azhar Peduli Ummat mengundang langsung narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dalam menghadapi ekonomi pasar masyarakat. Iskandar A Zulkarnain selaku Sekjen Asosiasi Masyarakat Peduli Pedagang Pasar Klewer hari ini berkesempatan menyampaikan Kuliah Umum bagi para peserta Silatnas. Tak ketinggalan perwakilan Bank Indonesia Solo, Jawa Tengah dan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO) pun hadir menyampaikan kuliah umum dimoderatori langsung Deputy Director APU Sigit Iko Sugondo. Pertemuan Silatnas ini diharapkan mampu memperkuat sinergi pendayagunaan dana Zakat, Infak, Shadaqah dan dana publik lainnya untuk pemberdayaan umat. Dengan membangun Indonesia dari desa maka keterlibatan seluruh komponen masyarakat dibutuhkan. Melalui Sejuta Berdaya kita bangun negeri tercinta, sejahtetakan rakyat menuju Indonesia nan Gemilang.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box