Jatuh Bangun Petani Sayur di Desa Gemilang

Ada kisah menarik dari seorang petani sayur bernama Pak Supriyadi dari salah satu Desa Gemilang binaan Al Azhar Peduli di Desa Lanpasa, Danau Sembuluh, Kab. Seruyan, Kalimantan Tengah. Pak Supriyadi sebelum hijrah ke Desa Lanpasa adalah seorang yang sukses di bisnis batubara bersama istrinya di daerah Kalimantan Selatan. Roda dunia berputar hingga menyebabkan pak Supriyadi terlilit hutang kepada bank dan akhirnya jatuh miskin.

Namun Pak Supriyadi tak patah semangat, dia hijrah ke kampung halamannya di Desa Lanpasa, sebuah desa kecil di pedalaman hijaunya wilayah Kalimantan Tengah. Istri dan anaknya tetap berada di Kalimantan Selatan, hanya Pak Supriyadi seorang yang hijrah.

Pak Supriyadi lalu memulai hidupnya yang baru  dalam keadaan tak memiliki apa-apa. Untuk makan pun ia harus meminta bantuan orang lain. Tapi ia punya mimpi bahwa suatu hari nanti ia akan menjadi petani yang sukses. Untuk meraih mimpinya itu, bukannya tanpa hambatan. Meski lahan tersedia tapi tak ada satu orang pun yang mampu mengajarinya cara bertani dengan baik.

Hingga suatu hari, hadirlah DASAMAS (Da’i Sahabat Masyarakat) di Desa Lanpasa yang membuatnya tersenyum. Kang Cece, begitu sapaan DASAMAS APU ini yang sangat piawai dalam bercocok tanam. Dengan penuh kesabaran Kang Cece mengajari Pak Supriyadi. Bibit-bibit sayuran diberikan gratis dari Saung Ilmu Al Azhar Peduli Ummat. Pak Supriyadi pun akhirnya segera memulai menanam di polly bag dan di tanah milik orang tuanya.

Setahun berlalu kini Pak Supriyadi memetik hasilnya. Sayuran yang ia tanam tumbuh subur berkat kegigihannya. Kini bahkan Pak Supriyadi sudah mampu membeli sepeda motor yang ia gunakan untuk berjualan sayur keliling desa.

Masya Allah, dahsyatnya zakat, infaq & sedekah sahabat Al Azhar yang mampu mengubah paradigma negatif masyarakat pedesaan. Dengan kegigihan Pak Supriyadi mampu berdaya dan mandiri.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box