Saatnya Orang Kota Belajar ke Desa Gemilang

Menteri Pendidikan Anies Baswedan saat menjadi keynote speaker di Prototype Presentation and Graduation Day dalam acara Executive Program For Sustainable Partnership (EPSP) di Universitas Paramadina, Jakarta Jum’at (30/01) kemarin.

Desa Gemilang di Desa Pelakat Kec. Semende Darat Ulu Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan dengan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohydro) nya menjadi salah satu obyek observasi uji para akademisi, mulai doktor sampai profesor. Dengan partnership sinergi ABCG yang baik, PLTMH terbukti, teruji dan dapat dipertanggungjawabkan mampu menjadi model pemberdayaan yang melibatkan masyarakat secara penuh dengan dampingan Al Azhar Peduli dan sinergi PT Bukit Asam (PTBA), pemerintah dan stakeholder lainnya.

Nilai program yang seharusnya senilai 2 M mampu ditekan menjadi 1/3 nya saja berkat optimalisasi potensi lokal dan SDA, sosial, manusia, dll. Melalui kajian akademis 90% warga merasa dilibatkan secara aktif dalam penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan sustainable programnya, sehingga semua merasa memilki PLTMH dan aktor utamanya adalah Al Azhar Peduli Ummat dengan para pendampingnya. Semoga dapat menginspirasi desa-desa gemilang lainnya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box