Ladang Hijau Luas Terhampar, Desa Ini Dulu Penuh Abu Kelud

Masih ingat dengan bencana erupsi Gunung Kelud 2014 lalu? Letusan yang terjadi pada tanggal 13 Februari 2014 ini telah meratakan desa-desa dibawahnya dengan material bebatuan berbagai ukuran serta abu vulkanik yang sangat tebal. Akibatnya rumah-rumah warga banyak yang hancur dan lahan pertanian warganya pun rusak dan mati.

Desa Laharpang, Kediri adalah salahsatu desa yang mengalami kerusakan cukup parah akibat bencana itu karena posisinya yang berada paling dekat dengan pusat letusan. Hamparan kebun pertanian milik warganya tak pelak ikut menjadi korban. Tanaman sayuran mati dan petani menderita kerugian yang tak sedikit karena gagal panen.

Melalui program emergency komprehensif FORMULA (Food, Religion, Medic, Livelihood Aid) Al Peduli Ummat terus melakukan aksi pendampingan dari pasca bencana hingga sekarang. Karena bencana alam adalah pemicu kemiskinan tercepat, melalui program sinergis ‘Recovery Indonesia’ yang meliputi Recovery Economy Al Azhar Peduli memberikan program penguatan akses modal dan pendampingan bagi ratusan petani.

Alhamdulillah, kini lahan pertanian warga Dusun Laharpang Kediri kembali terhampar luas. Warga yang dulu sempat resah karena takut kehilangan pendapatan akibat lahannya rusak kini sudah senyum terang kembali. Hamparan tanaman cabai yang ada disana tinggal menunggu beberapa minggu lagi hingga cabe berubah warna menjadi merah dan siap untuk dipanen. Ada juga hamparan kebun tomat yang sudah dipanen oleh warga beberapa waktu lalu.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box