Mandiri Dengan Dapur Hidup

Warga Desa Gemilang di Desa Terawan Kalimantan Tengah kini sudah mandiri dalam memenuhi kebetuhan sayur mayur. Bagaimana tidak, beragam tanaman sayuran sudah terjejer rapi di halaman rumah mereka. Tanaman sayur seperti tomat, terong hingga cabai kini bisa mereka nikmati kapanpun dan hanya tinggal memetik di depan rumah.

Ust Aang Ruswanda adalah Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat) sekaligus aktor dibalik hijau dan suburnya Dapur Hidup warga Desa Terawan. Tak hanya berperan sebagai seorang da’i yang memberikan pengetahuan agama, Ust Aang juga mengajari warga bercocoktanam. Ya, warga di desa pedalaman ini memang sebelumnya tidak bisa bercocoktanam. Sayuran yang mereka makan dibeli di pasar yang lokasinya cukup jauh dan untuk ikan, sudah tersedia melimpah di Sungai Seruyan.

Ilmu bercocoktanam yang diperoleh Ust Aang juga berasal dari video tutorial yang beliau download di Saung Ilmu. Saung Ilmu sebagai pusat informasi dan edukasi warga memiliki peran penting. Bahkan setiap hari Saung Ilmu selalu ramai oleh warga karena di dalamnya juga terdapat perpustakaan. Anak-anak sekolah juga memanfaatkan Saung Ilmu sebagai tempat untuk belajar bersama. Dengan adanya Dapur Hidup ini, ibu-ibu rumah tangga di Desa-desa Gemilang binaan Al Azhar Peduli Ummat tidak perlu pusing dengan makin melonjaknya harga-harga sayur seperti cabai yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Donasi Anda untuk Indonesia Gemilang telah memberdayakan perekonomian warga di 35 desa dari 11 provinsi di Indonesia. Teruslah berdonasi untuk “Membangun Indonesia Dari Desa” melalui rekening zakat a/n YPI Al Azhar demi terwujudnya Indonesia Gemilang

BCA 070 303 1011
Danamon Syariah 005 8340 324
BSM 7000 1931 88

Konfirmasi transfer di 021 7221504, 021 2951 2712, pin 52e6b085 atau email info@alazharpeduli.com

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box