SD Filial, Wajah Pendidikan Di Ujung Negeri

SD Filial (Jarak Jauh) yang ada di Semokan Ruak, Desa Sukadana, Kec. Bayan, Lombok Utara ini berada di pinggiran pemukiman warga-warga suku Sasak asli. Sesuai namanya, bahasa Sasak Ruak berarti menanjak. Akses jalan menuju ke Semokan Ruak sangat terjal dan mendaki. Berada di puncak bukit yang terjal. Hanya kendaraan bermotor saja yang dapat memasuki dusun tersebut.

Tak hanya akses menuju sekolahnya saja yang memprihatinkan, kondisifisik bangunannya juga tak kalah miris. Dindingnya hanya terbuat dari bilik bambu, lantai beralaskan tanah dan atap seadanya yang akan sangat mengganggu aktifitas belajar bila musim hujan tiba. Anak-anak yang belajar disinipun belajar tanpa mengenakan alas kaki alias nyeker karena keterbatasan biaya.

Angka buta aksara di desa ini sangat tinggi. Bayangkan, dari 76 KK di Semokan Ruak, hanya Ketua RT saja yang mengenal baca tulis. Akhirnya berawal dari keprihatinan seorang Mahasiswa PGTK tiga tahun lalu, dengan dana, pikiran, tenaga dan pengetahuan sendiri, dia istiqomah mengajar 71 siswa dari kelas satu hingga kelas tiga SD Filial yang menginduk ke SDN 4 Sukadana.

“Siswa ini bisa membaca, menulis dan mengaji serta hafal doa-doa saja sudah membanggakan Saya, apalagi kalo mereka bisa mengejar mimpi mereka seperti anak-anak lain yang lebih beruntung di kota sana”, ujar Pak Mus Mulyadi sosok guru tangguh di Semokan Ruak.

Pada sesi pelajaran origami oleh relawan guru, 71 siswa SD Semokan Ruak akhirnya tampak sangat senang dan bergembira ketika bisa melihat, membuat dan menerbangkan pesawat dari kertas. Padahal tidak satu pun dari siswa tersebut pernah melihat bentuk pesawat dengan mata telanjang mereka di alam nyata.

Ayo bantu Kami wujudkan fasilitas belajar yang layak untuk siswa/i di daerah terpencil, agar mereka mampu meraih cita-cita mulianya. Wajah anak-anak penuh cinta ini Insya Allah akan menjadi penerus yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara.

Teruslah berdonasi melalui rekening zakat a/n YPI Al Azhar

BCA 070 303 1011
Danamon Syariah 005 8340 324
BSM 7000 1931 88

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box