BUKAN NOBAR BIASA

Penempatan Dasamas Desa Majasem – Ini bukan nonton bareng (nobar) Piala Dunia 2014 di Brazil yang penyelenggarannya bertepatan dengan Ramadahan 1435 H untuk sebagian pertandingannya. Event 4 tahunan ini seakan menjadi tontonan wajib bagi kebanyakan masyarakat Indonesia dan dunia.

Menjelang awal Ramadhan 1435 H ini (Kamis, 26/06/14), Tim Indonesia Gemilang yang dipimpin oleh Rahmatullah Sidik, Manager Program Development menempatkan pendamping Da’i Sahabat Masyarakat (Dasamas) sebagai wujud dimulainya transformasi Desa Gemilang di Desa Majasem, Kecamatan Pakahan, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, masyarakat dan sejumlah tokoh desa disuguhkan tayangan video desa-desa gemilang yang sudah bertransformasi menjadi desa gemilang layaknya NOBAR Piala Dunia.

Materi video diantaranya succes story di Dusun Baran & Mundu Kelurahan Puloharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Jawa Tengah, Desa Pelakat Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dan sejumlah desa lainnya. “Dari video Desa Gemilang yang kita pertontonkan ini diharapkan masyarakat termotivasi dan terinspirasi untuk bersama-sama membangun desa dengan kekuatan masyarakat dan potensi-potensi sumber daya lokal yang ada dalam kerangka besar program Indonesia Gemilang”, ungkap Rahmat.

Sambutan dan dukungan seluruh lapisan masyarakat Majasem sangat terasa ghirah-nya. Saat itu juga terbentuk kepengurusan “Ngudi Ilmu” (Saung Ilmu) yang diketuai oleh Bapak Tugimin setelah disepakati seluruh warga Majasem. Desa Majasem memiliki sumber daya sosial dan sumber daya alam yang cukup baik, bahkan disana terdapat bangunan masjid cagar budaya warisan zaman para Sunan Walisongo yang menyebar ajaran Islam di tanah Jawa.

Namun demikian, taraf ekonomi masyarakat secara keseluruhan belum cukup baik. Melalui Indonesia Gemilang, salah satu program prioritas Desa Majasem adalah peningkatan ekonomi melalui komoditi kerajinan dan pertanian yang menjadi unggulan masyarakat. Selain itu, penguatan nilai-nilai keagamaan, pendidikan, kesehatan dan konservasi lingkungan juga menjadi perhatian penting untuk kegemilangan Majasem.

Semoga Ramadhan 1435 H mendatangkan keberkahan untuk masyarakat Desa Majasem dan Desa-Desa Gemilang lainnya serta seluruh desa-desa di Indonesia agar mampu mencapai kegemilangannya, “baldatun thoyyiun warobbun ghofur”. Salam Gemilang.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box