IKAT CINCIN PERAK JADI PRODUK UNGGULAN DESA SONSANG

Di Desa Sonsang Kanagarian Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Agam Sumatera Barat hampir tidak ada pengangguran. Semua warga baik muda hingga dewasa jika tidak bertani dan berkebun, pilihan utama masyarakat adalah menjadi pengrajin ikat cincin. Ikat cincin yang terbuat dari logam perak asli ini juga merupakan produk unggulan masyarakat Sonsang salah satu Desa Gemilang binaan Al Azhar Peduli Ummat yang baru diresmikan pada tanggal 27 Mei 2014 lalu oleh Gubernur Sumatera Barat.

Kualitas ikat cincin hasil karya Desa Sonsang ini sudah tidak diragukan lagi. Sebaran pemasarannya sudah hampir di seluruh nusantara, hingga Malaysia dan Singapura.

Melalui Indonesia Gemilang (Nagari Gemilang; khusus Minang), Desa Sonsang akan ditransformasi menjadi DESA KREATIF sebagai salah satu upaya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan memberikan penguatan akses permodalan dan akses pemasaran sehingga punya kedaulatan harga. Pemasaran akan dikembangkan dengan berbasis teknologi terkini (online), dengan penguatan kelompok-kelompok pengrajin

Share Button

2 thoughts on “IKAT CINCIN PERAK JADI PRODUK UNGGULAN DESA SONSANG

  1. Leo says:

    Sebagai salah satu warga tetangga Desa Sonsang, untuk merealisasikan pemasaran secara online mungkin saya bisa bantu.
    Sebab saat saya sudah memiliki sebuah web dg alamat embancincin.com yg mana isinya khusus membahas segala tentang ikat cincin. Alhamdulillah saat ini pengunjungnya sudah stabil dg rata-rata 200 pengunjung/hr.. Atau mungkin, jika berminat untuk membeli web saya tsb, silahkan hub saya di CV.Prima Admiralindo jorong kaluang tapi.

  2. Ambo urang sonsang sanak…..Mantap situs sanak yo…. Tapi sayang kini sanak, lamah permintaan cincin perak tu kini sejak masuak cincin cino tu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box