MAKIN MAKMUR DENGAN TABUNGAN HORTIKULTUR

Desa Gemilang binaan Al Azhar Peduli Ummat di Dusun Baran-Mundu, Wonogiri, Jawa Tengah memiliki program Tabungan Gemah Ripah. Masyarakat salah satu dusun di Puloharjo, Eromoko, Wonogiri ini bermata pencaharian sebagai petani dan penyadap pohon pinus.

Kini setelah menjadi Desa Gemilang, Masyarakat Baran-Mundu memiliki program Tabungan Gemah Ripah alias tabungan agro. Menabung melalui Kelompok Tani dengan komoditi tani hasil pemanfaatan lahan pekarangan. Setiap keluarga memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam sayur mayur sistem verticultur.

Pemanfaatan lahan pekarangan ini sebagai langkah pengurangan belanja dan kecukupan gizi keluarga. Kini dari hasil tanaman sayuran vertikultur ini, pendapatan warga sudah melebihi kebutuhan dapur keluarga, selebihnya disetorkan ke kelompok.

Setoran sayuran dari tiap keluarga dikumpulkan tiap komoditi oleh Kelompok Tani untuk kemudian dijual, menjadi tabungan keluarga sesuai harga saat itu. Menabung dalam bentuk komoditi sayuran hasil lahan pekarangan ini tak terasa bisa Rp10-30rb/3hari. Selain itu, Tabungan Gemah Ripah juga merupakan gerakan untuk menambah rizki dan pahala, karena dana yang terkumpul juga untuk pinjaman kebajikan bagi anggota.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box