MELALUI INDONESIA GEMILANG, YKPU DAN MUI KLATEN GELAR SEMINAR PEMBERDAYAAN EKONOMI

Bersama Yayasan Klaten Peduli Ummat (YKPU) melalui program Indonesia Gemilang, Komisi Ekonomi Majelis Ulama Indonesia – Klaten menggelar seminar tentang pemberdayaan ekonomi khususnya dalam sektor pertanian dengan tema “MEMBANGUN PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS SUNNATULLAH”.

pak TO suprapto memberikan materinya

Seminar sehari yang dilaksanakan di Pendopo Pemkab Klaten ini dihadiri lebih dari 300 audiens yang terdiri dari PPL Dinas Pertanian se-Kab. Klaten, pimpinan MUI kecamatan se-Kab. Klaten, ormas-ormas Islam (NU, Muhammadiyah, MTA, LDII, DDII), dinas-dinas terkait, kelompok-kelompok tani, organisasi PETNI dan masyarakat umum.

Seminar ini didasari keinginan MUI Klaten, khususnya Komisi Ekonomi dalam menyusun program-program pemberdayaan ekonomi. MUI Klaten bersama YKPU dan Indonesia Gemilang memiliki kesamaan pandangan, bahwa sektor yang belum banyak disentuh dan diperhatikan banyak pihak termasuk pemerintah adalah pertanian.

Jadi MUI Klaten ingin berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat terutama di bidang pertanian, bukan hanya mengurusi prihal fatwa halal-haram terutama dalam hal makanan sebagaimana yang dipersepsikan masyarakat selama ini.

Seminar yang dibuka oleh Ketua MUI Klaten, H. Hartoyo ini menghadirkan nara sumber : Dr. Ir. Samsudin, M.Si (Departemen Pertanian) yang memaparkan tentang pertanian sehat dana ramah lingkungan dan TO Suprapto (Komisi Ekonomi-MUI Klaten) yang menjelaskan pertanian dari sudut pandang Islam dan Sunnatullah.

Jadilah sebuah seminar yang berkelas pemberdayaan pertanian yang diulas oleh praktisi dan peneliti yang dilandasi Sunnatullah dan ulasan hukum alam ditambah wawasan budaya Jawa.

Share Button

One thought on “MELALUI INDONESIA GEMILANG, YKPU DAN MUI KLATEN GELAR SEMINAR PEMBERDAYAAN EKONOMI

  1. bhery says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi pertanian . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai ekonomi pertanian yang bisa anda kunjungi di klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box