Desa Gemilang Hadir di Pedalaman Kalimantan Tengah

“Bukan cita-cita saya menjadi Kepala Desa di Kampung ini karena saya tahu tugas berat menanti, namun tak sebanding dengan pendapatannya.” Itu sekelumit ungkapan Pa Yusran, Kepala Desa Paren, kecamatan Danau Sembuluh, kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.  Jika kita telah bertandang ke sana, pastinya ungkapan ini sangat rasional. Desa yang terpencil dibibir sungai Seruyan, memiliki transportasi keluar desa hanya dengan menggunakan kelotok, sebutan untuk perahu kecil, kapasitas 5 – 6 orang karena akses jalan darat belum terealisasi

Namun sesampainya di Desa Paren, maka getaran semangat untuk merubah kondisi desa menjadi lebih baik sangat terasa. Sekeliling desa dihiasi oleh perkebunan sawit dan karet. Sungai Seruyan yang begitu luas mengandung kekayaan ikan dan udang yang melimpah. Dan yang paling penting adalah kebersahajaan hidup, kebersamaan dan kegotong royongan masyarakatnya yang kuat menjadi modal utama untuk bisa menjadi desa yang gemilang. Pola pemanfaatan lahan pekarangan untuk menurunkan biaya kebutuhan rumah tangga  sudah mulai mereka kenal.

Namun keterbatasan pengetahuan dan wawasan masyarakat desa  serta ketergantungan yang kuat dengan alam sekitar mereka yang mulai rusak, membuat mereka kurang bisa memanfaatkan potensi yang luar biasa disekitar. Akhirnya lambat laun mereka mulai bergantung dengan bantuan dari pihak luar desa. Padahal sebelum ada pihak luar yang hadir, mereka pun dapat hidup mandiri, walau keterbatasan itu tetap ada.

Al-Azhar Peduli Ummat hadir ditengah warga Paren dengan menempatkan pendamping masyarakat dan seorang da’i,  ingin menjadi sahabat untuk menggali kembali kearifan lokal dan menggali potensi masyarakat yang mulai terlupakan karena adanya pergeseran paradigma masyarakat desa yang mulai mengenal dunia kerja. Al-Azhar Peduli Ummat akan berperan sebagai oli pelumas dari kendaraan yang berupa potensi dan kearifan lokal agar tujuan kemandirian masyarakat lebih cepat digapai dari waktu normal yang dijalankan. Serta menggiring masyarakat dan generasi penerusnya untuk menjadi masyarakat yang peduli dengan nilai dan norma agama islam yang saat ini mereka anut.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box